Budgeting 1234

PensiunMuda bisa dicapai oleh semua orang dengan berbagai tingkat sosial, usia dan penghasilan dengan menggunakan formula sesederhana 1 2 3 4. Ya menikmati masa pensiun harus benar- benar kita persiapkan sesegera mungkin untuk hasil yang kita bisa dapatkan maksimal nanti.  Kita bahas apa itu Formula 1234 ya

Formula untuk PensiunMuda adalah:

  1. Tingkatkan Penghasilan
  2. Kurangi Pengeluaran
  3. Berbagai Ke Sesama
  4. Investasi untuk mendapatkan Passive Income

Formula ini saya implementasikan secara sederhana menjadi “Budgeting 1234” yaitu:

  • 10% dari penghasilan kita sisihkan untuk berbagi ke sesama dalam bentuk Zakat, Infaq dan Shodaqoh. Dalam Islam Zakat wajib sebesar 2.5% namun seperti yang kita baca dalam Alquran dan kitab suci lain serta pengalaman dari trilyuner seperti Bill Gates, Warren Buffet, dll Bahia menyisihkan harta untuk berbagai tidak akan membuat kita miskin namun akan semakin menambah keberkahan harta kita. Saya pribadi menyalurkan dana ini ke pihak yg membutuhkan di keluarga terdekat, Tetangga dan Lembaga ZIS resmi yang bisa kita transfer lewat ATM atau internet banking. Kita juga dapat memanfaatkan fasilitas autodebet rekening untuk post pengeluaran yang satu ini. Jadi, tidak mungkin terlupa dan selalu keluarkan di awal ya.
  • 20% dari penghasilan kita sisihkan untuk tabungan jangka pendek. Alokasi dana ini untuk membiayai tujuan keuangan kita dalam jangka waktu  1 – 5 tahun kedepan seperti Dana Darurat, Dana Asuransi, Dana DP Rumah, Dana kepemilikan kendaraan, Dana Haji & Umroh, Dana Liburan / Travelling, Dana kuliah S2 atau pengembangan pribadi, dll. Saya pribadi mengalokasikan tabungan jangka pendek di instrumen tabungan bank syariah, Deposito, Emas, Obligasi SUKUK Retail, Reksadana Pasar Uang dan Peer to Peer Lending.
  • 30% dari penghasilan kita sisihkan untuk investasi jangka panjang. Alokasi dana ini untuk membiayai tujuan keuangan dengan jangka waktu lebih dari 5 tahun seperti Dana pembentukan Asset Kekayaan Pribadi / Networth, Dana pendidikan anak, Dana pembentukan Passive Income dan Dana Pensiun. Saya pribadi menyalurkan Investasi Jangka Panjang di Properti, Pasar Saham (IHSG), Investasi langsung di perusahaan Start Up dan Invests di Website dan Apps.
  • 40% dari penghasilan kita sisihkan untuk biaya hidup sehari-hari. Alokasi dana ini untuk biaya hidup seperti bayar listrik, air, telepon / pulsa, biaya transportasi: bayar bensin/solar, tol, maintenance, uber / gojek, biaya belanja bulanan, biaya cicilan rumah atau kendaraan, makanan sehari hari, kebutuhan untuk kesehatan dan body care serta lifestyle entertainment

Sepertinya mudah ya tapi ketika dijalankan benar benar butuh perjuangan di awal yang tak mudah bila kita tidak konsisten. Perencanaan yang tepat akan menghasilkan hasil yang tepat sesuai keinginan kita. Tidak ada kata terlambat untuk segera memulai investasi. Doing good, will being good later. See you in my next post for the detail :))

pensiunmuda

2 comments to “Budgeting 1234”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Kusmareni Roelse - July 13, 2017

    Very useful article to start manage our financial in correct way, however the ideal percentage is almost impossible for me due to consumptive life style, it’s difficult to change life style behavior. Suggestion please

    • pensiunmuda - July 13, 2017

      Hi,,,

      Persentase sebesar 4O% penghasilan untuk biaya hidup cukup ideal untuk mencapai pensiun muda (pensiun sebelum waktunya pensiun) Tapi, bila susah untuk mencapai persentase tersebut, bisa diusahakan agar ada pos untuk tabungan jangka pendek, investasi jangka panjang dan berbagi ke sesama, berapapun persentasenya tapi minimal sekitar 10%. Terimakasih dear Renny:))