10 Ide Penghasilan Pasif dari Hobi Anda

Sebagai lanjutan dari artikel 10 Ide Penghasilan Pasif dengan Investasi Uang maka disini saya akan sharing ide penghasilan pasif (passive income) dari investasi waktu / kerja untuk mahasiswa atau orang-orang yang mungkin belum bisa menyisihkan uang untuk investasi. saya tekankan kembali bahwa untuk mencapai pensiun muda bisa dicapai dengan mengumpulkan asset kekayaan bersih (Net worth) dan / atau mendapatkan penghasilan pasif dari berbagai sumber dan berikut ide penghasilan pasif dari hobi anda dengan hanya sedikit investasi uang:

1. Jual Hasil Fotografi di internet

Jika anda hobi fotografi dan merasa cukup jago maka anda bisa memanfaatkan hobi anda menjadi sumber pendapatan pasif. jika anda belum sejago Darwis Triadi, Jimmy Iskandar atau Jerry Aurum yang fotonya bisa dijual harga jutaan maka anda dapat mengirimkan foto hasil jepretan anda ke beberapa website fotografi seperti Shutterstock dan Istockphoto dan mendapatkan persentase komisi atau pendapatan tetap untuk setiap foto anda yang dijual ke klien mereka. Dengan metode ini setiap foto bisa menjadi pendapatan pasif, karena bisa dijual lagi dan lagi tanpa anda harus bekerja lagi. Anda hanya perlu bekerja keras di awal dengan membuat portofolio foto Anda, meletakkannya di satu atau lebih platform website fotografi dan kemudian aktivitas menjadi benar-benar pasif. Semua teknis penjualan foto ditangani melalui platform website tersebut.

2. Menulis dan menjual E-book atau Buku

Anda tau penghasilan J.K. Rowling penulis Harry Potter bisa mencapai ratusan Milyard rupiah dari bukunya dan juga Andrea Hirata penulis seri Laskar Pelangi bisa mendapatkan 3.6 miyard dari hanya 1 judul buku, maka jika hobi anda menulis maka anda bisa mulai menulis e-book atau buku dan menerbitkannya sendiri (Self Publishing). Anda bisa memilih untuk menerbitkan buku fisik melalui Createspace atau menerbitkan e-book melalui Kindle Direct Publishing atau menerbitkan audio book melalui ACXya benar awalnya anda harus memutar otak untuk mencari dan menulis topik yang menarik, mengeditnya dan menerbitkannya. E-book dan buku juga perlu pemasaran yang masif dan efektif agar dikenal orang tapi sekali e-book menjadi viral maka anda bisa mendapatkan penghasilan pasif seumur hidup.

3. Menulis dan menjual Lagu

Menulis dan menjual lagu mungkin tidak terlalu menarik sekarang karena banyak pembajakan musik di Indonesia tapi penulis lagu seperti Melly Goeslaw dan Dewiq bisa menjual lagu bayar di depan seharga ratusan juta dan masih bisa mendapat royalti setelahnya. Jika anda benar-benar hobi menciptakan lagu dan musik maka anda bisa mulai menawarkannya di ITunes dan Spotify dan jika lagu anda cukup catchy dan menjadi viral maka penghasilan pasif dari royalti akan datang dengan sendirinya.

4. Membuat video YouTube

Kalau Pak Presidan kita yang tercinta saja sudah rajin membuat Vlog di YouTube maka jangan sampai anda ketinggalan.  Anda dapat membuat video di hampir semua area yang Anda suka – tutorial, pendapat, komedi, ulasan, musik, film – apapun yang Anda inginkan, lalu letakkan di YouTube. Anda kemudian dapat melampirkan Google AdSense ke video, yang akan ada di video Anda dengan iklan otomatis. Saat pemirsa mengeklik iklan tersebut, Anda akan mendapatkan uang dari AdSense. Kuncinya adalah buat video semenarik mungkin yang tidak mengandung Hoax atau SARA, lalu mempromosikan video tersebut di situs media sosial untuk menciptakan cukup banyak traffic. ya di awal memang harus bekerja keras untuk pembuatan dan promosi video, tapi begitu video selesai, itu bisa menjadi sumber penghasilan yang benar-benar pasif untuk waktu yang sangat lama.

5. Membuat Blog

Membuat blog mirip-mirip seperti membuat e-book dan video. anda bisa mencoba menuliskan topik yang menarik sesuai hobi dan minat anda. Membuat blog membutuhkan banyak komitmen untuk menulis dan berbagi pandangan dan pendapat anda dan semua dimulai dengan memilih domain dan hosting blog anda di domain dan hosting provider seperti Bluehost atau Godaddy dan Hostgator. sekarang membuat blog bisa sangat mudah seperti anda browsing dan drag & drop lalu anda mulai menuliskan artikel dan kemudian dapat melampirkan Google AdSense atau link affiliate yang lain ke blog anda. banyak cerita sukses blogger yang bisa menghasilkan ratusan dan ribuan dollar per bulan dari hanya nge-blog

6. Menjual Produk di Internet

Jika ada produk yang sangat Anda ketahui atau anda hobi membeli atau mengkoleksi produk tersebut maka anda mungkin bisa mengiklanlan dan menjualnya di situs web e-commerce seperti Lazada atau Tokopedia atau Blibli dan BukaLapak. lebih dari itu jika anda mengetahui ada produk atau kelompok produk yang sulit dibeli secara lokal di kota anda (apa pun yang bagus, mulai dari furniture antik, baju unik, dll), dan tidak mudah untuk membeli secara online maka anda bisa membuat website e-commerce atau Dropshipping anda sendiri lewat Shopify dan bisa menjual barang langsung dari produsen.

7. Membuat dan menjual Apps

Kita semua sekarang menggunakan smartphone baik Android atau Apple based atau dua2nya, maka kita sudah terbiasa untuk mendownload apps baik yang gratis atau berbayar. Apps bisa menjadi sumber penghasilan yang sangat menggiurkan. Pikirkan berapa milyard orang saat ini memiliki smartphone dan orang-orang mendwonload aplikasi  untuk main game, berita, dll. Apps membuat hidup orang lebih mudah. Apakah Anda pernah memiliki ide bagus untuk sebuah aplikasi? Jika demikian, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat apps sendiri atau menyewa seorang programmer untuk membuat aplikasi Anda untuk Anda. Anda kemudian bisa menjualnya di Google play atau Apps Store untuk pendapatan pasif.

8. Membuat dan menjual online course

Jika anda merasa sudah jago atau menjadi Subject Matter Expert untuk topik tertentu maka anda bisa membuat dan menjual online course di Udemy sebagai salah satu platform online yang memungkinkan penggunanya mengambil kursus video dengan beragam topik dan anda bisa menjadi produser, membuat kursus video Anda sendiri, dan mengizinkan pengguna untuk membelinya. Ini juga bisa menjadi cara yang bagus untuk mengubah les tradisional menjadi aliran pendapatan pasif

9. MLM / Network Marketing

Saya yakin banyak dari anda sudah tau MLM atau Network marketing. dengan semua pro dan kontra nya MLM tetapa merupakan salah satu opsi untuk mendapatkan penghasilan pasif melalui pemasaran jaringan dengan membangun tim di bawah Anda (sering disebut sebagai downline). Begitu Anda memiliki tim besar, Anda bisa mendapatkan komisi dari penjualan mereka tanpa harus berbuat banyak.

10. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah praktik bermitra dengan perusahaan (menjadi afiliasi mereka) untuk menerima komisi atas suatu produk. Metode menghasilkan pendapatan ini bekerja sebaik mungkin bagi blog dan situs web. Meski begitu, butuh waktu lama untuk membangun sebelum menjadi penghasilan pasif. Jika Anda ingin memulai dengan affiliate marketing bisa mencoba  Google Adsense, ClickBank, Commision Junction.

 

Jadi sekarang tidak ada alasan lagi tidak punya cukup uang untuk mencari penghasilan pasif jika kita mau sedikit memanfaatkan waktu, berkreasi dan kreatif dengan segala keahlian yang ada dan bekerja untuk melakukan satu atau beberapa hal di atas, dan masih banyak lagi. Jadi aktivitas mana yang akan anda pilih untuk mendapatkan Penghasilan Pasif dan untuk mencapai PENSIUNMUDA?

pensiunmuda

Has one comment to “10 Ide Penghasilan Pasif dari Hobi Anda”

You can leave a reply or Trackback this post.