5 Saus Thailand yang Memikat Selera

By | 13 November 2023

Thailand, negeri senyuman dengan kekayaan kuliner yang luar biasa, dikenal karena hidangan-hidangan yang kaya rasa dan aroma. Bagian tak terpisahkan dari pengalaman kuliner Thailand adalah saus-sausnya yang unik dan menggugah selera. Berikut adalah lima saus Thailand yang patut dicoba dan akan membawa Anda dalam perjalanan rasa yang tak terlupakan:

  1. Nam Jim Gai (Saus Ayam): Nam Jim Gai adalah saus khas Thailand yang sempurna untuk melengkapi hidangan ayam panggang atau goreng. Terbuat dari campuran cabai merah, bawang putih, kecap ikan, gula, dan cuka, saus ini memberikan kombinasi rasa pedas, manis, asam, dan gurih yang membuat setiap gigitan ayam semakin lezat.

  2. Sriracha: Sriracha adalah saus pedas yang berasal dari kota bernama sama di Thailand. Terbuat dari cabai merah, bawang putih, cuka, gula, dan garam, Sriracha dikenal dengan rasa pedas yang menggigit dan sedikit manis. Saus ini menjadi teman setia untuk hidangan seperti pho, mi goreng, atau sushi.

  3. Prik Nam Pla (Saus Cabai dan Ikan): Prik Nam Pla adalah saus yang terdiri dari campuran cabai merah, bawang putih, kecap ikan, dan cuka. Saat mencicipinya, Anda akan merasakan kombinasi pedas, asin, dan gurih yang membuatnya cocok sebagai saus pencocol untuk hidangan seperti som tam (salad papaya) atau mookata (grill Thai-style).

  4. Pla Ra (Saus Fermentasi Ikan): Pla Ra adalah saus yang terbuat dari ikan yang difermentasi. Meskipun memiliki aroma yang kuat, saus ini memberikan rasa yang unik dan khas Thailand. Biasanya digunakan dalam hidangan seperti som tam, Pla Ra memberikan sentuhan gurih dan asin yang mendalam.

  5. Saus Kari (Nam Prik Kaeng Kari): Saus Kari Thailand, atau Nam Prik Kaeng Kari, adalah saus yang menggabungkan kelezatan bumbu kari dengan cita rasa Thailand yang khas. Terbuat dari cabai kering, kunyit, serai, dan santan, saus ini memberikan kombinasi rasa pedas, gurih, dan sedikit manis. Cocok untuk menyedapkan hidangan kari, sup, atau hidangan daging.

Dengan keanekaragaman saus yang dimiliki Thailand, setiap saus mencerminkan kekayaan rempah-rempah dan bahan alami yang digunakan dalam masakan tradisional. Mengeksplorasi saus Thailand akan membawa Anda dalam perjalanan kuliner yang penuh dengan kelezatan dan kejutan. Jadi, mari mencoba dan menemukan saus Thailand favorit Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *