Menyelusuri Kelezatan Minuman Khas Padang

By | 14 November 2023

Padang, sebuah kota di Sumatera Barat, Indonesia, tak hanya terkenal dengan kekayaan kuliner padang yang lezat, tetapi juga dengan minuman khasnya yang menggugah selera. Berikut adalah beberapa minuman khas Padang yang wajib dicoba:

1. Teh Tarik

Teh Tarik adalah minuman teh klasik yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya minum teh di Indonesia. Dalam versi Padang, Teh Tarik dihidangkan dengan cara khas: teh hitam yang dicampur dengan susu kental manis dan kemudian “ditarik” secara keterampilan antara dua gelas untuk menciptakan kekentalan dan kelembutan yang unik. Rasanya yang khas dan kehangatan Teh Tarik Padang cocok dinikmati sebagai pendamping hidangan padang yang pedas.

2. Kopi Tarik

Kopi Tarik adalah saudara kandung Teh Tarik, tetapi kali ini menggunakan kopi sebagai bahan utama. Kopi hitam yang diseduh dengan penuh keahlian kemudian dicampur dengan susu kental manis melalui proses “tarik” yang sama. Rasa kopi yang kuat dipadukan dengan kelembutan susu menciptakan minuman yang membangunkan dan memanjakan lidah.

3. Saraba

Saraba adalah minuman tradisional Padang yang terbuat dari campuran susu kelapa, air kapur sirih, dan gula aren. Minuman ini memiliki rasa yang unik, menyegarkan, dan memiliki manfaat kesehatan. Saraba sering dianggap sebagai minuman tradisional yang memberikan kesegaran dan kesejukan, terutama di cuaca tropis.

4. Air Teh Talua

Air Teh Talua merupakan minuman khas Padang yang tidak biasa. Terbuat dari campuran teh, susu, dan telur ayam kampung yang segar, minuman ini memberikan kombinasi rasa yang unik antara manis dari susu dan teh dengan kekentalan dari telur. Meskipun mungkin terdengar aneh, tetapi Air Teh Talua menjadi salah satu minuman yang digemari oleh warga setempat.

5. Es Campur Padang

Es Campur Padang adalah versi lokal dari es campur yang lebih dikenal secara umum di seluruh Indonesia. Es Campur Padang diisi dengan berbagai bahan segar seperti agar-agar, kolang-kaling, ketan hitam, dan sirup merah. Semua bahan ini disajikan dengan es serut dan susu kental manis, menciptakan minuman yang menyegarkan dan beraneka rasa.

Melalui minuman khasnya, Padang tidak hanya menawarkan kelezatan kuliner pedasnya tetapi juga minuman yang unik dan beragam. Dengan sentuhan khas Padang, minuman-minuman ini menjadi bagian tak terpisahkan dari pengalaman kuliner di kota ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *